·     Pionir Industri Gula di Lampung

PT GMP terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten LampungTengah, Provinsi Lampung, 90 km ke arah utara dari Ibukota Provinsi Lampung (BandarLampung). Berdiri tahun 1975 dengan status PMA dan, merupakan perusahaan kerja sama antara perusahaan swasta asing dan swasta nasional, dengan saham mayoritas dimiliki oleh Kuok Investment Co., Ltd.

Tahun 1978 PT GMP melakukan giling produksi pertama kali dan meningkat setiap tahunnya. Tidak bisa dihindari, perjalanan GMP terpaksa melalui babak-babak trial and error yang cukup panjang. Namun seiring berjalannya waktu dengan penguasaan teknologi pembudidayaan tebu yang semakin membaik, dan penguasaan teknologi produksi gula, maka PT GMP telah diakui sebagai pionir industri gula di luar Jawa, karena berhasil membuktikan industry gula yang efisien dari perkebunan tebu di luar Jawa.

 

·     Penerapan Teknologi Terkini PT GMP

PT GMP memahami pentingnya inovasi untuk terciptanya perkembangan usaha yang berkesinambungan. Dengan didukung sumber daya manusia yang bermutu, perusahaan terus berupaya menciptakan budaya pertanian ramah lingkungan dan keberlanjutan melalui sinergi dalam pengelolaan lahan dan produksi.

Perusahaan berinovasi mengembangkan variant bibit yang akan memberikan nilai tambah. Inovasi benih dilakukan untuk menciptakan varietas unggul dan telah terbukti berhasil meningkatkan produktifitas kebun. Inovasi manajemen dan teknologi yang telah dicapai oleh GMP telah dimanfaatkan pemerintah untuk pengembangan industri gula nasional. Hal ini membuktikan bahwa efisiensi proses produksi dan peningkatan produktivitas menjadi salah satu kunci keberhasilan GMP di bisnis pergulaan nasional dan internasional.

Guna menghasilkan dan mempertahankan produktivitas tanaman tebu, maka dari itu PTGMP menerapkan teknologi terkini di pabrik maupun di perkebunan, termasuk menggunakan alat mesin pertanian secara luas dan otomatisasi dibeberapa stasiun pabrik,serta proses sulfitasi ganda untuk menghasilkan Gula Kristal GMP.

 

·     Teknologi Mekanisasi Pertanian

PT GMP menerapkan teknologi mekanisasi disektor pertanian untuk meningkatkanproduktivitas tanaman tebu. Teknologi Mekanisasi yang digunakan salah satu contohnya adalah traktor autopilot.