510 Vaal Vaksin Influenza untuk Pekerja

Artikel Monday, 25/07/2022



Manajemen PT GMP terus mengupayakan pencegahan penularan virus, termasuk influenza yang dapat menyerang siapa, terutama para pekerja yang bekerja yang berkecimpung di lokasi-lokasi berisiko tinggi dalam pekerjaan.

Manajemen PT GMP menyediakan fasilitas vaksinasi influenza sebanyak 510 vaal vaksin untuk para pekerja yang telah terdata. Pemberian vaksin dilakukan di Klinik Pratama Rawat Inap diruang Covid, Rabu, 25 Mei 2022.

Vaksinasi ini menyasar hanya kepada pekerja yang memiliki risiko tinggi terkena atau tertular dalam lingkup kerjanya. Klinik Pratama Rawat Inap telah mengajukan pengadaan vaksin influenza pada Januari. Sedangkan serah terima vaksin dari suplier pada April.

Kepala Klinik Pratama Rawat Inap, Dokter Ricky Satriawan Prawirosudarmo, mengatakan vaksin yang digunakan ialah trivalen dengan jenis flubio keluaran Bio Farma. Vaksin trivalen ini mengartikan bahwa vaksin tersebut menggunakan tiga jenis strain virus. Pemberian vaksin dapat dikatakan penting meski influenza merupakan salah satu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus berobat ke rumah sakit.

“Menjadi penting diberikan untuk mencegah penyakit tersebut,” ungkapnya.

Mengingat influenza ini menyerang saluran pernapasan, gejala yang muncul bisa berupa batuk kering, demam, sakit kepala, pilek, nyeri otot, dan lemas. Gejala batuk bisa sangat parah dan bertahan hingga 2 pekan. Berdasarkan gejala yang timbul menyerupai Covid-19, tentu vaksin ini sangat diperlukan.