Pemetaan Digital, Memudahkan Perawatan

Artikel Monday, 25/07/2022



Perkembangan teknologi semakin mutakhir menjadi tantangan tersendiri untuk semua lini industri, tak terkecuali dalam dunia agriculture industry seperti di PT GMP. Di Era Industri 4.0 yang bergerak begitu cepat, Manajemen PT GMP melihat ada sesuatu yang harus diperbaharui oleh Divisi Kemitraan, salah satunya mengenai visibilitas berkaitan dengan strategi ekspansi daerah-daerah potensial.

Sebagai bentuk respons, Divisi Kemitraan membentuk tim proyek Digitalisasi Peta Kemitraan dengan bantuan software Geographic Information System (GIS). Officer Divisi Kemitraan, Deva Aziz Nanda Martin mendapat kepercayaan sebagai koordinator. Pada proyek ini ia bekerja tim dengan Triono yang ditunjuk sebagai administratur, dan Sophan sebagai Field Mapping. Dan tentu saja didukung seluruh Managemen Divisi Kemitraan untuk menyukseskan proyek tersebut.

Penerapan metode mobile-GIS memungkinkan mengintegrasikan data citra satelit dan data spasial digital dengan perangkat yang dapat dimobilisasi untuk akusisi data secara real-time. Ia menjelaskan, setelah mengubah peta berformat digital, selain peta lebih akurat berkat dukungan GPS, membuat pencarian lokasi kebun mitra menjadi lebih mudah.

Dengan ArcGIS peta digital mampu menunjukkan berbagai objek di permukaan bumi, baik objek berupa titik, garis, maupun area. Penentuan penggunaan peta dasar (basemap) juga menjadi lebih mudah.

Proyek pemetaan ini melalui proses panjang. Dimulai dari menandai kebun mitra perblok satu persatu dengan GPS. Tim berhasil memetakan lahan seluas 4.871Ha dengan jumlah blok 4.110 milik 136 petani. Kebun-kebun tersebar di 5 kabupaten di Lampung, yaitu Lampung Tengah sebagai basis terluas, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur, dan Lampung Utara.

INFORMASI TERBARU

PT GMP dapatkan Sertifikasi ISO 27001
Artikel Monday, 25/07/2022
Departemen R&D Terapkan ISO 9001:2015
Artikel Monday, 25/07/2022
Pemetaan Digital, Memudahkan Perawatan
Artikel Monday, 25/07/2022
510 Vaal Vaksin Influenza untuk Pekerja
Artikel Monday, 25/07/2022
PT GMP Berpartisipasi Menangangi Stunting
Artikel Monday, 25/07/2022