PT GMP dapatkan Sertifikasi ISO 27001

Artikel Monday, 25/07/2022



Dengan arahan manajemen yang ingin terus mendorong untuk penerapan digitalisasi pada semua lini operasional di PT. GMP, dimana sudah diterapkan ERP Axapta dan kedepannya mengarah pada Digital Plantations. Dalam implementasinya Divisi IT mempunyai peran yang cukup vital, dari penyiapan, dan pemeliharaan infrastruktur pendukung (Jaringan, Server, Database, dll) hingga pengembangan aplikasinya (ERP, web portal, dan aplikasi pendukung lainnya).

Adi Jauhari, Kepala Divisi IT mengatakan PT GMP melakukan sentralisasi penyimpanan dan pengolahan semua data dan informasi serta akses fisik di data center & DRC. Sesuai tujuan manajemen untuk memastikan bahwa dalam operasional sehari-hari Divisi IT menerapkan prosedur dan kaidah standar keamanan informasi yang diakui secara internasional. Dimana penerapan 3 faktor utama dalam keamanan informasi menjadi ukurannya, yaitu faktor C-I-A : Confidentiality Integrity Availability.

Melalui ISO 27001 IT GMP memiliki standar prosedur keamanan informasi dalam menjalankan peran IT sehari-hari sesuai tujuan dan perkembangan Perusahaan kedepannya. Sertifikat ISO 27001 ini telah didapatkan Divisi IT pada bulan Oktober 2021. Dimana untuk tahap awal, lingkupnya masih dibatasi pada pengelolaan Data Center & Data Recovery Center. Pada tahun 2022 ini adalah audit ISO 27001 untuk tahun ke-dua atau 1st Surveillance Audit, dimana yang diperiksa dan diverifikasi oleh auditor adalah implementasi sistem keamanan informasi pada tahun sebelumnya apakah masih dan terus dilakukan. Dan pada tahun 2022 ini juga, Divisi IT menambahkan lingkup audit, yaitu pada proses pengembangan Core ERP System. Proses penerapan standar keamanan informasi ini sebenarnya sudah dilakukan secara bertahap semenjak tahun 2016, pada saat awal manajemen mulai mencanangkan program digitalisasi. Berawal pada penyiapan infrastruktur jaringan dan data center yang diusahakan mengikuti standar industri yang berlaku, juga pada tahap awal pengembangan ERP yang mengikuti kaidah standar pengembangan aman dan dalam proses selanjutnya terus dilakukan perbaikan dan peningkatan secara bertahap dan berkelanjutan agar dapat sepenuhnya mengikuti standar keamanan informasi yang dipersyaratkan.

INFORMASI TERBARU

PT GMP dapatkan Sertifikasi ISO 27001
Artikel Monday, 25/07/2022
Departemen R&D Terapkan ISO 9001:2015
Artikel Monday, 25/07/2022
Pemetaan Digital, Memudahkan Perawatan
Artikel Monday, 25/07/2022
510 Vaal Vaksin Influenza untuk Pekerja
Artikel Monday, 25/07/2022
PT GMP Berpartisipasi Menangangi Stunting
Artikel Monday, 25/07/2022