Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan

Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016



Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan

Kesibukan sebagai karyawan rentan stres jika tidak diimbangi dengan kegiat­an yang menghibur. Ada banyak cara untuk mendapatkan hiburan. Salah satu­nya, dengan berolahraga sambil menyalurkan hobi.

Staf dan karyawan PT Gunung Ma­du Plantations (PT GMP) sangat pa­ham dengan hal itu. Tak heran, me­reka sepakat membuat banyak komu­nitas berbasis olahraga. Mulai sepak­bo­la, futsal, bola voli, bulu tangkis, te­nis lapangan, tenis meja, dan lain se­bagainya.

Banyak juga yang menghilang­kan penat seusai bekerja seharian de­ngan bermain leng, jenis permain­an ini sering terlihat di teras-teras ru­mah warga. Bahkan permainan ini di­perlombakan dalam acara memeriah­kan HUT RI. Alhasil peminatnya cu­kup banyak.

Tidaklah mengherankan jika sore atau malam hari, tempat-tempat olah­raga selalu ramai. Untuk yang hobi bu­lutangkis dan tenis me­ja, mereka ber­main menyalurkan ho­binya di Grha Swagata Gurna. Jad­wal latih­an bersa­ma setiap Selasa dan Jumat ma­lam.

Seperti dituturkan Pak Desmal Zainudin, awalnya bukan komunitas. Hanya sekadar asyik main-main saja an­tar kawan. Namun, karena pemi­nat­nya terus bertambah, akhirnya kon­sisten kumpul bareng dan main tenis meja bersama.

Terkadang, para atlit tenis meja ber­kumpul semua untuk uji tanding, namun tak jarang hanya beberapa orang saja. Ini dikarenakan mereka men­dapat giliran kerja malam.

“Kalau kerja pagi, malam­nya pas­ti ke GSG untuk latihan ber­sa­ma,” ujar Pak Cucup karyawan Factory.

Olahraga yang diketuai Pak Des­mal ini sesekali mengundang dari per­kumpulan tenis meja luar Gunung Madu. “Semacam melakukan pertan­dingan eksibisi lah,” ujar Pak Desmal saat berlatih bersama anak buahnya.

Dalam rangka memeriahkan HUT RI baru-baru ini, di Perumahan II juga dilakukan pertandingan tenis meja, pesertanya sangat banyak. Dalam even tersebut tidak menargetkan wak­tu selesainya. Karena saat akan ber­tanding pemainnya masuk malam, ya terpaksa ditunda.

“Namanya juga Gala Suka-Suka, walaupun tertunda para pemainnya sangat maklum,” ujarnya.

Pak Nunuk atlet bulutangkis. Dia latihan ber­sama untuk mempersiap­kan diri dalam menghadapi even-even saat masa of season (setelah te­bang gi­ling). Karena sudah menja­di tradisi di perusahaan, masa off season di­ada­kan berbagai turnamen, seperti Li­ga Factory atau Pekan Olah­raga Plan­tations (POR Plant).

Mereka yang berlatih bulutang­kis ini tak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang mengikuti orang tuanya untuk latihan memukul bo­la yang terbuat dari bulu angsa itu. Menurut Pak Herman Hadiwija­ya, olahraga sangat pen­ting untuk se­mua usia. Karena da­lam bulutang­kis hampir semua ba­gian tubuh ber­gerak aktif dengan ce­pat, sehingga anggota tubuh berge­rak aktif sepe­nuhnya dan menjaga ke­sehatan.

“Bulutangkis banyak manfaat­nya selain membuat umur panjang, mencegah obesi­tas, meningkat­kan kekuatan kaki, men­cegah penya­kit jantung, kanker, hipertensi, dan seba­gainya,” ujar karyawan Medical itu.

 Susanto karyawan Administration/Transport yang rutin mengikuti la­tihan memaparkan, kegiatan ini sa­ngat menyenangkan. Dari pelatihan ini bisa mempererat kebersamaan, be­lajar menyelesaikan masalah ber­sa­ma-sama di dalam tim.

“Meski hanya sebatas memba­ngun kekompakan dan kebersamaan an­tar sesama pemain, namun kegiat­an tersebut sangat efektif untuk se­mangat pebulutangkis di Gunung Madu,” paparnya.

Dia menambahkan, latihan ini se­lain meningkatkan pola dan teknik permainan juga menambah komuni­tas dan teman tim lain. Ha­rapannya da­­pat terus meningkat­kan teknik per­mainan.

Latihan bersama ini pesertanya dari karyawan SBF, Factory, Plantations. “Bahkan ada juga yang ber­asal dari Perumahan I,” ujar Santo.

Sementara Koordinator Bulu­tang­­kis, Eko Yuniarsa, mengatakan bah­wa tujuan diadakan latihan ber­sa­ma ini untuk mempererat tali silatu­rahmi antarpebulutangkis, selain itu juga menambah ketangkasan ber­main serta menghilangkan stres atau­pun kepenatan setelah seharian be­kerja. l fan

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016