Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016



Murid SD Disasar Vaksin Campak dan DT

Suasana di ruang kelas 1 dan kelas 2 SDN 1 Perumahan II terlihat riuh ketika petugas medis berseragam serba putih terlihat memasuki area sekolah. Respons para siswa pun aneka rupa, ada yang biasa saja ada pula yang menangis histeris.

Para petugas medis itu merupakan petugas kesehatan dari Puskesmas Bandaragung yang akan memberikan imunisasi kepada siswa kelas 1 dan 2 dari SDN 1 dan SDN 2 PT GMP. Mereka mendapat imunisasi campak (booster/ulangan) dan Difteri Tetanus (DT) oleh Puskesmas Bandaragung, Rabu (31/8). Program imunisasi ini dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah.

Program BIAS untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat.

Imunisasi DT diberikan untuk murid kelas 1 SD. Sementara imunisasi campak untuk kelas 2 SD. Petugas kesehatan yang diturunkan yakni seorang dokter, seorang perawat, seorang bidan, dan seorang tenaga kesehatan lain. l dew

 

INFORMASI TERBARU

Semoga Para Haji GMP Kembali dengan Selamat
Warta Tawon Monday, 12/09/2016
Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)
Anak Ge - Em Wednesday, 31/08/2016
Olahraga Memupuk Kebersamaan Antarkaryawan
Warta Tawon Wednesday, 31/08/2016
Panen Raya Tebu di Tubaba
Fokus Tawon Tuesday, 30/08/2016
Lomba Tumpeng HUT RI
Dinamika Tawon Saturday, 20/08/2016
199 Pelajar Peroleh Beasiswa KGM
Anak Ge - Em Saturday, 20/08/2016